Sabtu, 14 Mei 2011

Membaca bisa juga menyehatkan

Membaca, bagi kebanyakan orang tergolong kegiatan yg paling tidak kebagian waktu. Kesibukan menjalani rutinitas keseharian adalah alasan utamanya. Di sisi lain, banyak juga yang lebih memilih mengisi waktu luangnya untuk menonton televisi, film, berselancar di dunia maya, atau sekedar bermain video game.
Padahal, membaca memiliki manfaat yang tak terhingga. Termasuk manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat membaca bagi kesehatan sebagaimana dirilis dalam buku ar risalah.

1. Latihan Otak.
            Salah satu manfaat membaca yg paling besar adalah melatih otak. Membaca mampu melatih sel-sel otak bekerja lebih sempurna. Ketika membaca, kita diajak untuk berfikir lebih banyak, sehingga otak menjadi lebih cerdas. Namun, seperti halnya latihan fisik, manfaat baru terasa jika dilakukan secara rutin.
2. Pembunuh Stress.
            Stress dapat memicu munculnya berbagai penyakit. Membaca buku yang memiliki keindahan bahasa dan sastra, dapat mengurangi keteganga pikiran dan menghilangkan stress. Terutama jika dibaca sebelum tidur.
3. Mencegah Penyakit Alzheimer.
            Membaca terbukti dapat meningkatkan daya ingat otak. Ketika kita membaca, otak akan terus bekerja. Otak yang terstimulasi secara teratur lebih tercegah dari penyakit Alzheimer (kepikunan).
            Berbaga penelitian membuktikan bahwa aktivitas latihan otak, seperti mambaca majalah, bermain sudoku atau teka teki silang, dapat mencegah otak kehilangan daya ingatnya. Karena sel - sel otak tebiasa untuk selalu terhubung dan terus tumbuh.
4. Membangun pola tidur lebih sehat.
            Kebiasaan membaca sebelum tidur dapat menjadi alarm bagi tubuh untuk mengirimkan sinyal waktu bagi kita untuk tidur. Ini akan membantu kita untuk tidur yang lebih nyenyak dan bangun pagi segar. Jadi, daripada mengisi waktu malam sebelum tidur dengan menonton televisi atau game, lebih baik mengisi waktu dengan membaca. Selain menambah ilmu dan wawasan, kita jadi lebih sehat.