Minggu, 20 Juli 2014

Kupat dan Tradisi Lebaran



potret by Andik - 2013 - lokasi Pasar Boja H -1 Idul fitri 1434 H

Ketupat atau kupat punya arti  jawa “ ngaku ing lepat “ (mengaku salah), yang disimbolkan dengan anyaman janur kuning yang berisi beras lalu dimasak.

Konon Kupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga kepada masyarakat Jawa, beliau membudayakan sebuah tradisi, yaitu setelah Lebaran, masyarakat setempat menganyam ketupat dengan daun kelapa muda sering di sebut Janur.
  

Filosofi Janur :
Penggunaan janur sebagai kemasan pun memiliki makna tersembunyi.
Janur dalam bahasa Arab yang berasal dari kata “jaa a al-nur” bermakna telah datang cahaya. Sedangkan masyarakat Jawa mengartikan janur dengan “sejatine nur” (cahaya). Dalam arti lebih luas berarti keadaan suci manusia setelah mendapatkan pencerahan cahaya selama bulan Ramadan…

Filosofi Ketupat :
Selain itu, ternyata ketupat punya filosofi tersendiri yaitu anyaman-anyaman pada kulit ketupat itu mencerminkan betapa banyaknya kesalahan manusia.
Kopat sering orang jawa menyebut  “ pojok ing papat “ oleh para ulama jawa sering mengartikan Laku papat artinya empat tindakan dalam perayaan Lebaran. 


Empat tindakan tersebut adalah:
1. Lebaran.
2. Luberan.
3. Leburan.
4. Laburan.

Arti Lebaran, Luberan, Leburan dan Laburan.
Lebaran bermakna usai, menandakan berakhirnya melakoni puasa ramadhan . Berasal dari kata lebar yang artinya pintu ampunan telah terbuka lebar. 

Luberan maknanya meluber atau melimpah. Sebagai simbol ajaran bersedekah untuk kaum miskin. Pengeluaran zakat fitrah menjelang lebaran pun selain menjadi ritual yang wajib dilakukan umat Islam, juga menjadi wujud kepedulian kepada sesama manusia. 

Leburan maknanya adalah habis dan melebur. Maksudnya pada momen lebaran, dosa dan kesalahan kita akan melebur habis karena setiap umat islam dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain. Saling ber silaturahmi ke teman tetangga saudara … rekan kerja ..

Laburan Berasal dari kata labur atau kapur. Kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun poemutih dinding. Maksudnya supaya manusia selalu menjaga kesucian lahir dan batin satu sama lain. Memaknai ibadah dalam bulan ramadhan agar meningkat kan ibadahnya agar terjaga kebersihan batin dan lahir ..

Nah, itulah arti kata ketupat yang sebenarnya. … ( mohon maaf kalo kurang berkenan … )
Di ambil dari berbagai sumber.. bisa di lengkapi bila perlu.

andik - 2014

0 komentar:

Poskan Komentar