Minggu, 03 Januari 2010

Filosofi jawa



Sebagai seorang jawa, saya sangat terobsesi  dengan filosofi-filosofi kuno orang jawa yang kalau dipikir. dicermati dan dicerna sungguh luar biasa maknanya.

Berikut ini ada sepuluh filosofi hidup orang jawa, yang paling saya sukai. Memang saya belum sampai pada taraf dapat melaksanakannya, tapi setidaknya ini dapat menjadi salah satu filosofi tujuan hidup yang sangat baik.

Andaikan 10% saja orang indonesia menganut dan MELAKSANAKAN kaidah-kaidah hidup ini dengan benar, kayanya Indonesia bener-bener bisa menjadi negara yang aman tentram, gemah ripah loh jinawi lir ing sambikolo

10 Filosofi Hidup orang Jawa (dari berbagai sumber)
  • Urip Iku Urup (Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat nagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat).
  • Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara (Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak).
  • Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti (segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati dan sabar)
  • Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha (Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; Kaya tanpa didasari kebendaan)
  • Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan (Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu).
  • Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman (Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja).
  • Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman (Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi).
  • Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka (Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah;Jjangan suka berbuat curang agar tidak celaka).
  • Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo (Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat).
  • Aja Adigang, Adigung, Adiguna (Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti).

Mugi saged ndadoske pepenget dumatheng kulo panjenengan sami, mugi paring manfaat...
mbok bilih wonten seratan inkang kelintu monggo sami dipun wedari.. lan dipun leresaken

nuwun ... nuwun..

2 komentar:

Yume Almo mengatakan...

ini sangat bagus sekali

kahutindo_semarang mengatakan...

thanks... " silahkan baca2 postingan yg lain.. :)

Poskan Komentar